Selasa, 19 Januari 2016

Putra Sulung Menteri Susi Punya Riwayat Sakit Asma

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri mengungkapkan bahwa putra sulung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang meninggal di Florida, kemarin (Minggu (17/1), memiliki riwayat penyakit asma.

Hal itu disampaikan oleh Susi kepada Hanif saat melayat ke rumah duka.
 

"Tadi Bu Susi tidak cerita banyak. Hanya Bu Susi cerita, anaknya punya asma," kata Hanif di rumah dinas Susi, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (18/1).


Hanif mengatakan Susi tidak sempat bercerita lebih jauh mengenai riwayat sakit anaknya, Panji Hilmansyah. Dia hanya berharap agar Susi dapat tabah menghadapi situasi ini.

Sementara, menurut penuturan Menteri Kelautan dan Perikanan era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II Sharif Cicip Sutardjo, keluarga Susi memang memiliki riwayat penyakit asma.
 

Hanya saja, Cicip tak menjelaskan lebih lanjut soal asal riwayat penyakit tersebut.

"Saya tidak tahu pasti, tapi menurut keluarga, satu keluarga ada (riwayat) sakit asma," kata Cicip.

Minggu kemarin (17/1), Hilman ditemukan tak bernyawa di Naples, Florida, Amerika Serikat. Dugaan awal,dia terkena serangan jantung. Di mata koleganya, Hilman pun dinilai sebagai sosok yang baik dan ramah.

"Baik sekali, ramah seperti Bu Susi. Saya dua sampai tiga kali pernah bertemu, pernah makan sama-sama," ujar Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir usai melayat ke rumah dinas Susi.

Jenazah Hilman dikabarkan akan tiba dari Amerika Serikat ke Indonesia pada Kamis (21/1). Kabar itu berdasarkan penuturan Gubernur Banten Rano Karno yang ditemui awak media usai menyatakan belasungkawa kepada Menteri Susi.
 

"Informasinya mudah-mudahan Kamis nanti tiba di tanah air," kata Rano Karno.

Berdasarkan papan informasi yang berada di dalam rumah dinas Susi, rencananya jenazah Hilman akan dimakamkan di Pangandaran, Jawa Barat.